Jl. Rumah Sakit No.1 Cianjur+62 -263- 261026 +62 811-2292-321/

Blog

KIS DIGITAL, Solusi Nyata Untuk Kemudahan Akses Kesehatan

Dalam hidup manusia, tidak pernah lepas dari berbagai inovasi untuk memudahkan hidup. Berbagai bentuk penelitian dilakukan, agar kehidupan manusia semakin mudah dalam berbagai hal. Salah satu bentuk penelitian adalah di bidang teknologi. Saat ini, perkembangan teknologi sudah begitu pesat, sampai-sampai hampir semua hal bisa dilakukan dengan menggunakan telepon selular. Karena itu, BPJS Kesehatan selaku pengelola program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) sangat menyadari betul pentingnya memanfaatkan kemajuan teknologi untuk peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan. Saat ini, BPJS Kesehatan meluncurkan program Kartu Indonesia Sehat Digital (KIS Digital). Program ini sangat bermanfaat karena peserta program JKN-KIS tidak perlu lagi membawa kartu KIS fisik untuk berobat, cukup dengan menggunakan Smartphone dan mengunduh aplikasi Mobile JKN.

Kemudahan inilah yang sudah dirasakan oleh Wahyudi, seorang Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPN Veteran). Wahyudi mengatakan, jika dirinya telah merasakan secara nyata manfaat implementasi dari program KIS Digital. ;=

“Dulu, setiap kali berobat saya harus membawa kartu fisik. Dan kadang malah ada fasilitas kesehatan (faskes) yang menolak jika kartu KIS yang dibawa hanya berupa foto kopi. Tapi, minggu lalu saya pernah berobat dan dirujuk ke Rumah Sakit Polri, Jakarta Timur dan saat itu saya tidak membawa kartu KIS. Untungnya, saya sudah mengunduh aplikasi Mobile JKN di handphone saya dan saya langsung memperlihatkan kartu saya yang ada di menu aplikasi itu. Dan Alhamdulillah, hanya dengan memperlihatkan soft copy kartu yang ada di aplikasi Mobile JKN saya diterima dan saya dilayani dengan sangat baik oleh petugas Rumah Sakit” Ujar Wahyudi.

Wahyudi juga menyampaikan berterima kasih dan apresiasi yang tinggi terhadap terobosan yang dilakukan BPJS Kesehatan. “BPJS Kesehatan benar-benar memahami kebutuhan pesertanya. Dengan cerdasnya, BPJS Kesehatan langsung mengimplementasikan perkembangan teknologi agar seluruh pesertanya mendapatkan kemudahan pelayanan tanpa harus memikirkan proses administrasi yang memusingkan. Jadi, saya sangat mengapresiasi inovasi KIS Digital ini. “ Tambah Wahyudi.

Untuk itu, Wahyudi mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mendukung program JKN-KIS dengan menjadi peserta dan mengunduh aplikasi Mobile JKN.

“Saya meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menjadi peserta JKN-KIS dan membayar iuran dengan rutin. Jangan merasa berat membayar iuran karena kita tidak pernah tahu kapan akan sakit. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN. Ada sangat banyak menu yang bermanfaat di aplikasi itu. Bahkan, mengubah fasilitas kesehatan tingkat pertama pun sekarang bisa dilakukan dengan aplikasi Mobile JKN, asalkan sudah berjalan minimal tiga bulan. Dan tentunya, berkat aplikasi itu kita tidak perlu lagi harus membawa kartu KIS fisik karena sudah ada menu untuk menampilkan kartu KIS Digital” Lanjut Wahyudi.

Wahyudi berharap, Program JKN-KIS semakin berkembang dan semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan maksimal demi terwujudnya Indonesia yang Sehat.

 

source: http://www.jamkesnews.com/jamkesnews/berita/detail/tmn/2753/20180302/kis-digital-solusi-nyata-untuk-kemudahan-akses-kesehatan

Share this post

Author: rio
Promosi Kesehatan Rumah Sakit - RSUD Sayang Cianjur

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: